Rabu, 02 Mei 2012

10 Freeware Esensial Untuk Windows 7 Anda



Berikut adalah daftar freeware esensial yang saya rekomendasikan terinstal pada Windows 7 anda.
 
1. Browser : Mozilla Firefox
 Mozilla Firefox adalah browser opensource yang sudah terbukti handal dan aman saat melakukan aktivitas browsing. Sisi lain kelebihan browser keluaran Mozilla Foundation ini adalah dukungan penggunaan fitur addons untuk mengkustomasi kinerja maupun tampilan Firefox. Versi terakhir dari Firefox juga sudah mendukung penggunaan HTML5 dan mampu memutar video berformat WebM tanpa tambahan plugins.


2. System Tools : CCleaner
CCleaner merupakan utility kecil yang bermanfaat untuk melindungi privasi (dengan cara menghapus jejak aktivitas saat online maupun kegiatan lainnya dikomputer), melakukan optimasi sistem Windows, dan mampu membersihkan file-file  yang tidak berguna didalam harddisk.


3. Audio Player : AIMP
Kenapa bukan winAMP? Sederhana saja, AIMP memiliki fitur esensial sebagai pemutar audio, selain ukurannya kecil AIMP juga mampu memainkan audio dengan format yang beragam (MP3, FLAC, OGG, AAC dan lain-lainnya). AIMP bersifat fungsional dan tidak memiliki software lain yang terbundel didalamnya. Kelebihan AIMP yang lain adalah suara yang dihasilkan oleh freeware ini sangat jernih.


4. Video Player : VLC
VLC adalah media player yang opensource yang mendukung playback untuk berbagai format audio dan video. Selain itu VLC juga dapat memutar berbagai media yang menggunakan streaming protocol tanpa codec tambahan.


5. Office Suite : OpenOffice
OpenOffice juga merupakan software opensource yang sangat terkenal. OpenOffice memiliki fitur yang tidak kalah dengan Microsoft Office, dalam hal pengolahan kata, pengolahan presentasi, pengolahan database, dan lain-lain. OpenOffice mendukung berbagai macam format office suite yang ada dipasaran saat ini, dan yang terbaik adalah software ini bersifat terbuka dan gratis!


6. Antivirus : Avira
Saya membandingkan performa beberapa antivirus freeware antara lain Avast, Avira, AVG, dan BitDefender pada komputer desktop,  notebook, dan netbook dan menyimpulkan bahwa Avira memberikan performa terbaik. Tingkat pendeteksiannya terhadap virus cukup baik. Realtime protectionnya juga tidak menggunakan resource yang besar. Hanya saja terkadang menjadi “berisik” disaat mengeluarkan peringatan adanya file autorun.inf yang ada didalam flashdisk saat flashdisk tersebut dicolokkan ke port USB.


7. CD / DVD : CDBurnerXP
Saya terkesan saat pertama kali menggunakan CDBurnerXP. Interfacenya intuitif, bersih dan mudah dipahami.  CDBurnerXP memiliki fungsionalitas yang tepat untuk keperluan CD/DVD burning biasa.


8. Compression : PeaZIP
PeaZip merupakan software freeware untuk keperluan kompresi atau pengarsipan file dan folder. PeaZip dapat membuat arsip dalam format 7Z, ARC, BZ2, GZ, *PAQ, PEA, QUAD/BALZ, TAR, UPX dan ZIP. Serta dapat mengekstrak 129 tipe arsip (RAR, UDF, ZIP, ARJ, DMG, dan lain-lain).


9. Image Viewer : Picasa
Picasa mempermudah kebutuhan memanajemen banyak gambar seperti koleksi foto digital dari kamera anda. Dengan Picasa, anda juga dapat secara mudah mengupload foto-foto pilihan anda ke server Google.


10. Security Tools : Flash Guard
Cara paling banyak penyebaran virus di Indonesia adalah infeksi melalui flashdisk / USB drive. Flash Guard melindungi penyebaran virus dengan jalan menghadang file autorun.inf yang ada di dalam flashdisk / USB drive. Jika Flash Guard mendeteksi adanya file autorun.inf, dia akan memberikan opsi untuk menghapus autorun.inf tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 SERBA PREMIUM
Theme by REPUBLIKKU