Kamis, 03 Maret 2011

Messi Kokohkan Barcelona

Valencia - Barcelona berhasil memetik kemenangan 1-0 dalam kunjungannya ke markas Valencia lewat gol tunggal Lionel Messi. Kemenangan ini mengokohkan Azulgrana di pucuk klasemen sementara Liga Spanyol.

Dalam pertandingan di Mestalla, Kamis (3/3/2011) dinihari WIB, Barcelona kembali diperkuat Dani Alves yang sudah terbebas dari hukuman dan Xavi yang sudah fit. Namun, mereka masih tak diperkuat Victor Valdes dan Carles Puyol.

Meski bermain di kandang lawan, Barca tampil dominan. Di babak pertama, mereka menggempur pertahanan tim tuan rumah dan menciptakan banyak peluang. Mereka tercatat melepaskan sepuluh tembakan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang. Namun, tak satu pun berujung gol.

Di babak kedua, Valencia mencoba keluar dari tekanan dan keluar menyerang. Namun, sejumlah peluang emas yang mereka dapat belum berujung gol.

Justru Barca yang akhirnya membuka skor. Lionel Messi sukses mengkonversi umpan matang Adriano untuk menggetarkan gawang tim tuan rumah. Gol Messi ini jadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

Kemenangan atas El Che mengokohkan Barca di peringkat teratas klasemen sementara Liga Spanyol dengan koleksi 71 poin dari 26 laga. Mereka unggul sepuluh poin atas Real Madrid, yang baru akan bertanding Jumat (4/3/2011) dinihari WIB. Sementara Valencia masih tertahan di peringkat ketiga dengan 51 poin.

Jalannya pertandingan

Peluang pertama didapat tim tuan rumah. Sepakan kaki kiri Juan Mata dari luar kotak penalti masih tipis di samping gawang Barcelona.

Di menit kesembilan, Lionel Messi nyaris menjebol gawang Valencia. Memanfaatkan bola liar, Messi yang tinggal berhadapan dengan kiper Guaita gagal menuntaskan peluang. Setelah tendangan pertamanya bisa dihalau Guaita, bola rebound yang disepaknya pun masih bisa diblok bek lawan.

Adriano mencoba peruntungannya di menit ke-27. Sial bagi pemain Brasil ini, tendangannya dari dalam kotak penalti masih melambung.

Empat menit berselang, Messi kembali menebar ancaman. Namun, tembakannya dari dalam kotak penalti juga masih melambung.

Di menit ke-41, tusukan Adriano di sayap kiri diakhiri dengan umpan silang ke muka gawang. David Villa berhasil meneruskannya dengan sontekan pelan yang masih tepat mengarah ke Guaita. Skor kacamata pun mengakhiri babak pertama.

Roberto Soldado yang masuk di babak kedua langsung mendapat peluang. Memanfaatkan umpan Jeremy Mathieu, sepakan kaki kirinya masih melenceng.

Mathieu berpeluang membuka skor di menit ke-54. Namun, tembakannya dari dalam kotak penalti masih bisa diamankan oleh Pinto.

Lima menit berselang, Juan Mata melepaskan umpan terobosan yang membuat Pablo Hernandez bisa menusuk ke kotak penalti. Sial bagi Pablo, tembakan kaki kanannya masih melenceng tipis.

Barcelona akhirnya mampu unggul di menit ke-77. Umpan Adriano dari dalam kotak penalti disambar Messi dengan sepakan datar, yang meski berhasil ditepis oleh Guaita, bola tetap bergulir ke gawang Valencia.

Gerard Pique berpeluang menggandakan keunggulan Barca empat menit kemudian. Namun, sundulannya memanfaatkan sepak pojok Xavi masih melebar. Tak ada lagi gol tercipta hingga laga usai.

Susunan pemain:
Valencia: Guaita, Ibanez, Ricardo Costa, Alba, Stankevicius, Banega, Tino Costa (Isco 85'), Mathieu (Jonas 82'), Pablo, Mata, Joaquin (Soldado 45')

Barcelona: Pinto, Abidal, Pique, Dani Alves, Adriano (Maxwell 82'), Busquets, Mascherano (Pedro 63'), Xavi, Iniesta (Keita 87'), Villa, Messi

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 SERBA PREMIUM
Theme by REPUBLIKKU